4 November 2024

BADAN PERENCANAAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAHKABUPATEN SEMARANG

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Semarang, Bp. MUHAMAD MUSLIH, SE, MM melakukan Launching sekaligus Sosialisasi KLIENKU yaitu Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi Keuangan pada hari Kamis tanggal 24 Agustus 2023 di Aula Lantai II Barenlitbangda Kab. Semarang. Layanan digital berupa KLIENKU ini merupakan sebuah terobosan yang diharapkan dapat memberikan ruang untuk sarana konsultasi dan penyampaian informasi keuangan bagi para pengelola keuangan internal Barenlitbangda Kab. Semarang khususnya dan masyarakat Kab. Semarang pada umumnya.

Digitalisasi Klinik Layanan Informasi dan Konsultasi Keuangan (KLIENKU) pada Barenlitbangda Kab. Semarang ini merupakan bagian dari gagasan aksi perubahan yang digagas oleh Sdr. JUNI AMBARWATI, SE, M.Ak selaku Kasubbag Keuangan pada Barenlitbangda Kab. Semarang sebagai prasyarat mengikuti Diklat Kepemimpinan Pengawas Angkatan II Tahun 2023 di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Peserta yang hadir pada acara tersebut terdiri dari seluruh pengelola keuangan internal Barenlitbangda, seluruh pegawai Barenlitbangda, OPD terkait yang terdiri dari: Inspektorat KAB. Semarang, BKUD Kab. Semarang, Diskominfo Kab. Semarang, Kabag PBJ, Kabag Administrasi Pembangunan, Kabag Organisasi Setda Kab. Semarang, serta perwakilan tokoh Masyarakat (Ir. Sukamto), akademisi (Prof. Dr.Dra. Edy Dwi Kurniati, SE, MM dari UNDARIS) serta perwakilan dari pelaku usaha (Ibu Ulifah, dari Catering Restu Ibu)

Isu strategis yang mendorong terbentuknya aksi perubahan ini adalah masih adanya temuan atas hasil audit keuangan pada Barenlitbangda. Layanan KLIENKU ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan OPD untuk meminimalisir adanya temuan atas hasil audit serta guna mendukung kinerja keuangan pada Barenlitbangda secara efisien transparan dan akuntabel. Hal ini juga sejalan dengan tujuan Reformasi Birokrasi yaitu mendukung digitalisasi dari berbagai bidang.

Adapun manfaat yang diharapkan dengan adanya aksi perubahan berupa KLIENKU ini antara lain:

  1. Bagi Barenlitbangda :

Menguatkan fungsi pengelolaan keuangan OPD dalam mendukung tugas pokok dan fungsi Barenlitbangda Kab. Semarang

  • Bagi Pemerintah Kab. Semarang

Meningkatkan profesionalisme aparatur pengelola keuangan untuk mewujudkan Good Governance

  • Bagi Akademisi

Sebagai bahan kajian akademis dan bahan masukan kepada stakeholder terakit serta sebagai bahan telaahan dan feedback atas infromasi/ regulasi yang telah dikeluarkan

  • Bagi Pelaku Usaha

Membuka peluang Kerjasama dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan publik guna memenuhi kebutuhan informasi keuangan

  • Bagi Masyarakat

Mendorong inklusi keuangan masyarakt secara mudah dan cepat serta menyediakan informasi keuangan yang akuntabel dan tranparan.

  • Bagi Media Massa

Sebagai bahan edukasi media kepada publik terkait informasi keuangan perangkat daerah.

Sebagai informasi, layanan KLIENKU ini terdiri dari 2 (dua) jenis layanan yaitu layanan Informasi Keuangan dan layanan Konsultasi Keuangan. Layanan informasi keuangan digital berupa pengembangan dan pemanfaatan website utama Barenlitbangda yaitu bisa diakses pada alamat berikut: barenlitbangda.semarangkab.go.id

Adapun fitur KLIENKU pada website tersebut terdiri dari 5 (lima) menu yang dapat diakses publik yaitu:

  1. Informasi dan Dokumentasi
  2. Peraturan Keuangan
  3. Laporan keuangan
  4. Realisasi Keuangan
  5. Video tutorial

Sedangkan Layanan konsultasi digital KLIENKU masih terbatas penggunaannya  untuk pengelolaan keuangan internal Barenlitbangda Kab. Semarang. Pada kesempatan tersebut Kepala Barenlitbangda Kab. Semarang juga berharap agar terobosan inovasi ini ke depannya bisa menjangkau lapisan masyarakat Kabupaten Semarang yang lebih luas guna mendorong inklusi keuangan masyarakat, diharapkan juga agar inovasi berupa layanan digital KLIENKU ini bisa diadopsi oleh SKPD lain. Untuk penyempurnaan menu layanan konsultasi keuangan KLIENKU ini diharapkan ke depannya Barenlitbangda Kab. Semarang bisa bekerja sama dengan OPD terkait lainnya untuk memberikan ruang konsultasi yang lebih luas bagi masyarakat Kabupaten Semarang.

Tinggalkan Balasan