9 Oktober 2024

Pada tanggal 3 Oktober 2024 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang, Bapak Petrus Triyono, S.Sos., M.Si beserta tim melakukan konsultasi layanan kriptografi dengan berkunjung ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang bertempat di Jl. Harsono RM No. 70, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kunjungan tersebut diniatkan dalam rangka konsultasi terkait salah satu layanan yang diberikan oleh Direktorat Operasi Sandi BSSN yaitu fasilitasi Penerapan Layanan Sandi Data/Kriptografi di Kementerian, Lembaga maupun Daerah.

Kriptografi sendiri merupakan sebuah tindakan  pengamanan informasi melalui penggunaan algoritma kode. Tujuan utama dari penggunaan kriptografi antara lain adalah guna menjamin kerahasiaan data dan menjaga integritas data. Salah satu informasi yang perlu dilindungi dengan memanfaatkan penggunaan kriptografi adalah data pribadi.

Sebagai solusi bagi penerapan kriptografi pada instansi, Direktorat Operasi Sandi BSSN telah menyediakan layanan Sandi Data. Berdasarkan hasil konsultasi tersebut, Kabupaten Semarang perlu menyusun daftar aplikasi yang mengelola dan menyimpan data pribadi untuk dinilai kerentanannya.

Selain itu, pihak-pihak yang berkaitan dengan aplikasi-aplikasi tersebut perlu diberikan kesadaran mengenai pentingnya melindungi data pribadi, salah satunya melalui pemanfaatan penggunaan kriptografi. Sehingga, diharapkan ke depannya data-data pribadi yang dimiliki dapat terhindarkan dari kebocoran data. (DVN)

Tinggalkan Balasan