9 Oktober 2024

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Fungsional Pranata Komputer, pada Rabu (11/09) di Gedung Dharmasatya Lt. 2, SETDA Kabupaten Semarang telah digelar workshop yang dihadiri oleh perwakilan pranata komputer seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan pranata komputer di kecamatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang, saat ini terdapat 114 pranata komputer yang aktif bekerja di berbagai instansi pemerintah daerah. 

Workshop dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyoto,M.M. yang menekankan perkembangan smart city di Kabupaten Semarang dan peran pranata komputer yang cukup signifikan di Pemerintah Kabupaten Semarang. Pranata Komputer dianalogikan sebagai “otak” dalam tubuh organisasi, yang mengkoordinasikan semua organ tubuh. Pranata Komputer juga dituntut selalu berinovasi dalam menciptakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Selaras dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Semarang juga lebih berupaya meningkatkan kesejahteraan kepada para pranata komputer dengan memberikan reward dan tunjangan kinerja yang cukup. Sekda menghimbau agar seluruh pranata komputer semua OPD untuk senantiasa bersinergi untuk pembangunan Kabupaten Semarang. 

Dalam kesempatan tersebut, ada 5 (lima) narasumber yang berbagi ilmu kepada pranata komputer. Narasumber pertama adalah Bapak Sutanto, SE, M.Ak berasal dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia yang menyampaikan materi Pengembangan SDM Pranata Komputer, penyusunan SKP fungsional, dan jenjang karir pranata komputer. Narasumber ke 2,3 dan 4 berturut- turut adalah Bapak Cahyo Nugroho R, S. Kom, M. Eng, Wahyu Eka Wiji P, S. Kom, M. Eng dan Hari Widagdo, S. Kom, yang berasal dari Diskominfo Kabupaten Semarang memaparkan tugas Pranata Komputer untuk melaksanakan kegiatan teknologi informasi berbasis komputer yang meliputi tata kelola dan tata laksana teknologi informasi, materi Pengamanan Aplikasi Berbasis Web dan materi Pengelolaan Jaringan Intra di Kabupaten Semarang. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Semarang, Bapak Petrus Triyono, S. Sos, M.Si mengungkapkan, “Workshop yang diselenggarakan merupakan langkah strategis dalam upaya menciptakan sinergitas pranata komputer seluruh OPD Kabupaten Semarang”. Ia juga menambahkan, terlepas dari kendala yang dihadapi, kedepan ia berharap agar pranata komputer di seluruh OPD bisa fokus menjalankan jabatannya sebagai pranata komputer dan pastinya selalu berinovasi untuk mempercepat terwujudnya  transformasi digital di Kabupaten Semarang. (*RTH/Foto: Tim Aptika

Tinggalkan Balasan