
Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) tahun 2024 Kabupaten Semarang, Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang melaksanakan rapat koordinasi SPBE pada Kamis, 6 Juni 2024 yang bertempat di Ruang Rapat Dharmasatya, Gedung B lantai 2, Kompleks Kantor SETDA Kabupaten Semarang.
Rapat dihadiri oleh perwakilan semua Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Semarang dan perwakilan camat se-Kabupaten Semarang. Rapat dibuka langsung oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kabupaten Semarang, Khairul Aulia, S. Kom, M.Eng yang memaparkan tentang tujuan diadakannya rakoor SPBE. Diantaranya bertujuan monitoring dan memastikan implementasi kebijakan SPBE berjalan dengan baik, dengan turut ditetapkannya kebijakan tentang tata kelola, manajemen, arsitektur dan peta rencana SPBE. Rapat Koordinasi SPBE yang dilaksanakan juga untuk monitoring Aset Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten Semarang yang terdapat di setiap PD dan Kecamatan.

Dengan rakoor yang dilaksanakan hari ini, diharapkan setiap OPD memiliki data berbasis elektronik yang lebih inovatif dan berkembang. SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel. Serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas. Rapat ditutup dengan diskusi review capaian SPBE di Kabupaten Semarang terkait kondisi layanan SPBE, aplikasi yang digunakan di PD, daftar aset TIK, dokumentasi pelaksanaan kegiatan serta kebijakan yang telah dilaksanakan. Khairul juga berharap SPBE Kabupaten Semarang menjadi semakin matang koordinasi lanjutan setelah kegiatan pada hari itu terus terjalin. (*RTH/Foto:Tim Aptika)