9 Oktober 2024

Pada hari Kamis (12/09) bertempat di Aula Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang kembali menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) e-Office desa bagi desa di eks-Kawedanan Tengaran yang terdiri dari 48 desa. Peserta berasal dari desa-desa yang berada di 4 wilayah  kecamatan yaitu meliputi Kecamatan Tengaran, Susukan, Kaliwungu, dan Getasan. Acara serupa juga telah diselenggarakan 3 eks Kawedanan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan bimtek, Bapak Petrus Triyono, S.Sos., M.Si selaku Kepala Diskominfo menyampaikan bahwa dalam putaran terakhir bimtek e-Office desa diharapkan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal guna peningkatan kapasitas pelayanan masyarakat.

Untuk mewujudkan transformasi digital yang telah dimulai sejak tahun 2023 lalu maka pada tingkat desa diperlukan adanya komitmen antara perangkat desa dan masyarakat, adanya dukungan infrastruktur teknologi informasi pada desa, dan layanan publik secara digital. 

Adanya aplikasi persuratan ini merupakan salah satu langkah untuk menghindari adanya gratifikasi yang mana pada saat ini telah terdapat 20 desa replikasi anti korupsi yang masing – masing telah menerapkan e-Office Desa dalam aktivitas persuratan.

Narasumber dari acara sosialisasi dan bimtek tersebut adalah Sandiman Ahli Pertama pada Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo yaitu Bapak Adrian Surya Permana, S.Kom. Dalam materinya disampaikan mulai dari penjelasan mengenai proses dalam pembuatan surat hingga alur terkirimnya surat dijelaskan secara rinci oleh pendamping bimtek. E-Office desa tersebut dapat diakses pada link e-officedesa.semarangkab.go.id. (DVN)

Tinggalkan Balasan