Galeri

PELATIHAN, SHARING DAN TANYA JAWAB TENTANG WEBSITE DESA SE-KECAMATAN PEBELAN

PELATIHAN, SHARING DAN TANYA JAWAB TENTANG WEBSITE DESA SE-KECAMATAN PEBELAN

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Rabu, 26 Mei 2019 bertempat di Aula Kecamatan Pabelan yang dibuka oleh Sekretaris Camat Pabelan, Dra. Umi Hartutik, M.M. Dalam sambutanya Sekcam Pabelan  menerangkan kondisi website desa yang ada di Kecamatan Pabelan.  Saat ini dari 17 desa di Kecamatan Pabelan, hanya ada 7 desa yang sudah memiliki website, dan dari 7 desa tersebut hanya ada 2 desa yang sudah terdaftar di Dinas Kominfo Kabupaten Semarang, selebihnya website dibangun secara mandiri menggunakan CMS (blogspot/wordpress) atau masih berada di domain pihak ketiga.

Website Desa yang ada di Kecamatan Pabelan saat ini tidak pernah diupdate, dikarenakan tidak adanya pegawai yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan website desa tersebut.  Hal itu disebabkan karena kurangnya kesadaran serta komitmen terkait pentingnya website serta pengaruhnya terhadap desa.  Sebagian besar aparat desa di Kecamatan Pabelan kurang memahami tentang mekanisme pembuatan hingga mendaftarkan websitenya ke Dinas Kominfo Kabupaten Semarang, sehingga pengelolaan serta pengawasannya masih kurang.  Kondisi tersebut sering dimanfaatkan oleh pengembang website untuk mengambil keuntungan dengan cara menjual website namun pihak desa hanya diberi alamat serta akses untuk login sebagai administrator.  Kemudian dalam jangka waktu tertentu desa harus membayar lagi agar websitenya bisa dibuka kembali oleh pengembang.

Untuk membuat suatu website terutama melalui pihak ketiga, diperlukan pengetahuan tentang TIK bagi aparat desa, sehingga ketika melakukan perjanjian kerja dengan pihak ketiga, desa tahu apa yang menjadi kebutuhan serta fitur-fitur yang harus ada dalam website tersebut.  Selain itu desa juga perlu tahu apa yang menjadi hak dan kewajibannya ketika membeli website dari pihak ketiga. 

Dinas Kominfo selaku Unit Kerja yang membidangi permasalahan terkait website di Kabupaten Semarang akan memfasilitasi  jika ada desa yang ingin berkonsultasi atau mendapat pelatihan tentang pembuatan website di desanya masing-masing

Date

28 June 2019

Categories

BERITA

Alamat Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang. Jl. Diponegoro No. 14 Ungaran Telp. (024) 76901553. UNGARAN - 50511 kominfo@semarangkab.go.id

STATISTIK PENGUNJUNG

4135
Hari iniHari ini55
KemarinKemarin89
Minggu iniMinggu ini535
Bulan iniBulan ini1472
SeluruhnyaSeluruhnya4135
©2019 Tim Website Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang. Designed By Bidang Aplikasi dan Informatika

Search